BERANDA/EDUKASI/Berbagai Jenis Masker dan Kualitasnya

2020-10-14

Berbagai Jenis Masker dan Kualitasnya

poster berbagai jenis masker dan kualitasnya

Pada artikel Waspada Penyebaran Corona [ lihat lebih lanjut ], yang kami kutip dari WHO sudah diketahui bahwa penyebaran COVID-19 ini didapat dari orang lain yang terinfeksi virus ini. VIrus ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui percikan-percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terinfeksi COVID-19 batuk, bersin atau berbicara. Percikan-percikan ini relatif berat, perjalanannya tidak jauh dan jatuh ke tanah dengan cepat. Orang dapat terinfeksi COVID-19 jika menghirup percikan orang yang terinfeksi virus ini.

Untuk itu langkah preventif seperti menggunakan masker pun wajib dilakukan oleh setiap orang. WHO menyebut bahwa penggunaan masker merupakan bagian dari rangkaian komprehensif langkah pencegahan dan pengendalian yang dapat membatasi penyebaran penyakit-penyakit virus saluran pernapasan tertentu, termasuk COVID-19. Masker dapat digunakan baik untuk melindungi orang yang sehat (dipakai untuk melindungi diri sendiri saat berkontak dengan orang yang terinfeksi) atau untuk mengendalikan sumber (dipakai oleh orang yang terinfeksi untuk mencegah penularan lebih lanjut).

Berbicara tentang masker tahukah kamu? bahwa ada berbagai macam jenis masker dan efektivitasnya. Tim ilmunitas merangkumnya menjadi beberapa jenis masker yang sering digunakan oleh masyarakat disekitar kita. Berikut ini kami rangkum jenis dan efekifitasnya, baca artikel ini lebih lanjut untuk mengetahuinya.

1. Maske Scuba

foto masker scuba Efektifitas:

Virus: 0%
Debu: 0%
Bakteri:>5%
Pollen:>5%
Sebenarnya penggunaan masker jenis scuba ini sudah tidak direkomendasikan lagi bahkan sudah dilarang dibeberapa tempat dikarenakan tingkat efektifitasnya yang dinilai rendah untuk menangkal masuknya virus. Dikutip dari kumparan , "Para peneliti mengamati seseorang yang memakai masker dan berbicara ke arah sinar laser yang disimpan di dalam perangkat berbentuk kotak. Jumlah tetesan yang dikeluarkan saat berbicara direkam menggunakan kamera ponsel. Hasilnya, dari sekian jenis masker yang diuji, buff dan scuba adalah yang paling buruk."

2. Maske Kain
foto masker kain Efektifitas:

Virus: 0%
Debu: 0%
Bakteri:>50%
Pollen:>50%
Masker kain dapat digunakan oleh masyarakat yang sehat di tempat umum. Masker tipe ini juga dapat digunakan kembali dengan cara mencucinya dengan deterjen setelah pemakaian.

3. Masker Medis
foto masker medis Efektifitas:

Virus: >95%
Debu: >80%
Bakteri:100%
Pollen:100%
Jenis masker medis ini disarankan bagi petugas tenaga medis dan dapat juga dipakai oleh masyarakat umum.

4. Masker N95
foto masker n95 Efektifitas:

Virus: >95%
Debu: 100%
Bakteri:100%
Pollen:100%
Masker jenis N95 ini sangat direkomendasikan bagi petugas tenaga medis yang melakukan kontak langsung dengan pasien. Penggunaan masker ini dapat dipakai berulang yakni setelah dipakai masker harus di jemur di bawah sinar matahari selama 3-4 hari dan setelah itu dapat digunakan kembali.

Demikian beberapa jenis masker serta tingkat efektivitasnya. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Tetap jaga kesehatan dan selalu taat melaksanakan protokol kesehatan ya teman-teman Ilmunitas.

Sumber:
https://covid19.go.id/p/protokol
https://kumparan.com/kumparansains/alasan-ilmiah-masker-scuba-dan-buff-dilarang-di-kereta-hingga-mal-di-indonesia-1uFC1Zzbz8V/full
https://www.instagram.com/p/B-rJGi-gj8Q/?igshid=no6hrx6jjbrp


Penulis : Ilmunitas
kesehatan covid covid19 masker virus indonesia protokol penyebaran penyakit imunitas lawan